Selasa, 29 November 2011

TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI KEUNGGULAN KOMPETITIF




Perusahaan dalam Lingkungannya
  • Lingkungan suatu perusahaan tidak persis sama dengan lingkungan perusahaan yang lain.
  • Elemen-elemen lingkungan ini adalah organisasi atau individu yang berada di luar perusahaan dan memiliki pengaruh langsung atau tidak langsung pada perusahaan.  
  • Delapan elemen ini berada dalam sistem yang lebih luas, yang disebut  masyarakat.
  • Pemasok menyediakan material, mesin, jasa, dan informasi yang digunakan oleh perusahaan untuk memproduksi barang dan jasanya. Barang dan jasa ini dipasarkan kepada para pelanggan perusahaan, 
  • Serikat buruh adalah organisasi bagi tenaga kerja terampil maupun tenaga kerja tidak terampil 
  • Masyarakat keuangan terdiri dari lembaga-lembaga yang mempengaruhi sumber daya uang yang tersedia bagi perusahaan. 
  • Pemegang saham  atau  pemilik  adalah orang-orang yang menanamkan modal di perusahaan dan mewakili tingkat manajemen tertinggi.  
  • Pesaing mencakup semua organisasi yang bersaing dengan perusahaan di pasaran 
  • Pemerintah, pada tingkat pusat, daerah, dan lokal memberikan kendala-kendala dalam bentuk undang-undang dan peraturan, tetapi juga memberikan bantuan dalam bentuk pembelian, informasi, dan dana.
  •  Masyarakat global adalah wilayah geografis tempat perusahaan melaksanakan operasinya

Ø  Sebagian sumber daya mengalir lebih sering dari yang lain. Arus yang sangat sering mencakup:
-          Arus informasi dari pelanggan
-          Arus material kepada pelanggan
-          Arus uang kepada pemegang saham
-          Arus mesin dari pemasok
-          Arus pekerja dari serikat buruh
Ø  Sedangkan arus yang agak jarang meliputi:
-          Arus uang dari pemerintah (misalnya untuk penelitian)
-          Arus material kepada pemasok (pengembalian barang dagangan)
-          Arus pekerja kepada pesaing (pegawai yang “dibajak” oleh perusahaan lain).
-          Tidak semua sumber daya mengalir antara perusahaan dengan semua elemen lingkungan.
Ø  Contohnya:
-          mesin biasanya tidak mengalir kepada pemegang saham,
-          uang tidak boleh mengalir kepada pesaing,
-          material tidak boleh mengalir kepada serikat buruh. 
Satu-satunya sumber daya yang menghubungkan perusahaan dengan semua elemen tersebut adalah informasi

Keunggulan Kompetitif
  • Keunggulan kompetitif dapat dicapai melalui banyak cara, spt:
-          menyediakan barang / jasa dengan harga yang murah,
-          menyediakan barang / jasa yang lebih baik dari para pesaing,
-          memenuhi kebutuhan khusus suatu segmen pasar tertentu. 
  • Pada bidang komputer, keunggulan kompetitif mengacu pada penggunaan informasi untuk mendapatkan leverage di pasaran, 
  •  Perusahaan tidak harus sepenuhnya mengandalkan sumber daya fisik yang lebih unggul saat terlibat dalam persaingan, tetapi juga sumber daya konseptual (data dan informasi) yang unggul
Konsep manajemen sumber daya informasi
Manajemen sumberdaya informasi (Information resources management – IRM) adalah aktivitas yang dijalankan manajer pada semua tingkatan dalam perusahaan dengan tujuan mengidentifikasi, memperoleh, dan mengelola sumberdaya informasi yang dibutuhkan untuk memenuhi keperluan pemakai.
Elemen-elemen IRM yang diperlukan adalah :
a) Kesadaran bahwa keunggulan kompetitif dapat dicapai melalui sumberdaya informasi yang unggul.
b) Kesadaran bahwa jasa informasi adalah suatu area fungsional utama.
c) Kesadaran bahwa CIO adalah eksekutif puncak.
d) Perhatian pada sumberdaya informasi perusahaan saat membuat perencanaan strategis dan rencana strategis formal untuk sumberdaya informasi.
e) Strategi untuk mendorong dan mengelola end-user computing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar